Tuesday 19 May 2009

Penyakit Asma

Asma

Apakah asma itu?
Asma adalah penyakit kronis yang mempengaruhi saluran pernafasan. Saluran udara yang merupakan tabung yang membawa udara di dalam dan luar paru-paru. Jika asma terjadi, dinding bagian dalam dari saluran pernafasan menjadi bengkak atau meradang. Peradangan yang menjadikan saluran udara sangat sensitif, dan mereka cenderung bereaksi keras untuk hal-hal yang alergi atau irritating. Bila saluran udara bereaksi, mereka menjadi sempit, dan kurangnya air mengalir melalui jaringan ke paru-paru. Ini menyebabkan gejala seperti wheezing (keluar suara bila anda bernafas), batuk, dada kesesakan, dan kesulitan bernapas, terutama pada malam hari dan pada awal pagi.


Asma tidak dapat disembuhkan, tetapi sebagian besar orang dengan asma dapat mengendalikan agar mereka sedikit dan jarang mendapat gejala dan dapat hidup aktiv.
Bila gejala asma menjadi lebih buruk daripada biasanya, yang disebut serangan asma. Selama suatu serangan asma, otot di sekitar saluran udara mengencang, membuat saluran udara menjadi sempit sehingga udara kurang mengalir. Peradangan meningkat, dan saluran udara menjadi bengkak dan bahkan lebih sempit. Sel dalam saluran udara juga dapat membuat lebih banyak lendir dari biasanya. Lendir ekstra ini mempersempit saluran udara. Perubahan ini membuatnya sulit untuk bernafas.

Serangan asma tidak semua sama, ada pula yang lebih buruk. Dalam serangan asma yang parah, yang dapat menutup saluran udara sehingga banyak yang tidak mendapatkan oksigen yang cukup ke organ vital. Ini adalah kondisi medis darurat. Orang dapat mati dari serangan asma parah.

Jadi, jika seseorang memiliki asma, maka dia sebaiknya sering kontrol ke dokter Anda secara teratur. Dan perlu mempelajari apa yang menyebabkan gejala asma itu dan bagaimana untuk menghindarinya. Dokter juga akan memberi resep obat-obatan untuk supaya asma tetap di bawah kontrol.

Merawat asma adalah bagian penting dari hidup penderita asma. Pengendalian berarti bekerja sama dengan dokter untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, tinggal jauh dari hal-hal yang mengganggu saluran udara, mengambil obat-obatan sebagaimana diarahkan oleh dokter, dan pemantauan asma sehingga penderita dapat dengan cepat untuk merespon tanda-tanda dari sebuah serangan. Mengendalikan asma oleh tugas setiap hari, si penderita dapat mencegah gejala serius dan ambil bagian dalam semua aktifitas.

Jika asma tidak dikontrol dengan baik, akan cenderung memiliki gejala yang dapat membuat penderita tidak sekolah atau bekerja. Asma adalah salah satu yang menyebabkan anak-anak putus sekolah.

Apa Causes Asthma?

Itu tidak jelas apa yang membuat saluran udara dari orang-orang dengan asma inflamed pada awalnya. Anda inflamed saluran udara mungkin karena adanya kombinasi sesuatu. Kita tahu bahwa jika orang lain dalam keluarga anda ada asma, anda lebih mungkin untuk mengembangkan itu. Penelitian baru menunjukkan bahwa yang terkena hal-hal seperti asap tembakau, infeksi, dan beberapa allergens awal dalam kehidupan Anda dapat meningkatkan kemungkinan untuk pengembangan asma.


No comments:

Post a Comment